PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI SDI ANA’ GOWA KABUPATEN GOWA


          Pembelajaran keterampilan berbicara    dilaksanakan melalui diskusi di kelas dengan menggunakan pendekatan kontekstual, siswa diminta untuk mendiskusikan hal-hal atau masalah-masalah yang dekat dengan dunia siswa atau dunia remaja, sehingga siswa lebih menguasai materi yang dibicarakan karena mereka mengalami sendiri masalah-masalah itu.Sedangkan pemodelan dalam pembelajaran adalah adanya model dalam pembelajaran yang bisa diamati/ditiru siswa untuk berbicara dalam ragam formal melalui diskusi. Jadi, pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan pendekatan kontekstual fokus pemodelan dapat meningkatkan keterampilan berbicara, karena siswa lebih menguasai materi yang didiskusikan dan siswa dapat meniru/mengamati model yang diberikan untuk berbicara dalam ragam formal melalui diskusi.



Comments

Popular Posts