PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VI SDI ANA’ GOWA KABUPATEN GOWA
Pembelajaran
keterampilan berbicara dilaksanakan
melalui
diskusi di kelas
dengan menggunakan pendekatan kontekstual,
siswa diminta untuk mendiskusikan hal-hal atau masalah-masalah yang dekat
dengan dunia siswa atau dunia remaja, sehingga siswa lebih menguasai materi
yang dibicarakan karena mereka mengalami sendiri masalah-masalah
itu.Sedangkan pemodelan dalam pembelajaran adalah adanya model dalam
pembelajaran yang bisa diamati/ditiru siswa untuk berbicara dalam ragam formal
melalui diskusi. Jadi, pembelajaran keterampilan berbicara
dengan menggunakan pendekatan kontekstual fokus pemodelan dapat meningkatkan
keterampilan berbicara, karena siswa lebih menguasai materi yang didiskusikan
dan siswa dapat meniru/mengamati model yang diberikan
untuk berbicara dalam ragam formal melalui diskusi.
Download Laporan: https://drive.google.com/file/d/1sBBE7yPW-iw_ufW5omepXm6JjxOx4ynJ/view?usp=sharing
Comments
Post a Comment